Agenda Paroki

S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31 1 2 3

Login Email

We have 64 guests online
HARI MINGGU BIASA XXXIII PDF Print

 

MENJADI HAMBA YANG SETIA DAN BERTANGGUNGJAWAB

 

Bacaan Liturgi :Ams 31:10-13,19-20,30-31; Mzm 128:1-2,3,4-5; 1Tes 5:1-6; Mat 25:14-30

 

 0000-00-parable-of-the-talents-59-blog-image

Saudara-saudariku yang terkasih,  setiap orang dapat mengatakan sesuatu tentang hidup ini, berdasarkan pengalaman yang dialaminya. Ada orang yang mengatakan hidup ini adalah anugerah. Ada yg katakan hidup ini adalah perjuangan. Yang lain katakan hidup ini adalah kesempatan dan juga pilihan. Pada dasarnya ungkapan – ungkapan  ini tidak ada salahnya, karena sebagai orang beriman, percaya pada penyelenggaraan Tuhan, Tuhanlah asal segalanya, pencipta segalanya! Sebagai yang empunya hidup ini, terlebih kita semua sebagai putra-putri kesayangan-Nya, Tuhan mempunyai rencana yang indah yaitu agar kita boleh mengambil bagian dalam karya dan rencana-Nya yang menyelamatkan. Tuhan menaruh kepercayaan atas diri kita masing – masing ! Tuhan menganggap kita layak dan mampu untuk melakukan tugas yang dipercayakanNya pada kita!.

Bacaan – bacaan  hari ini, khususnya bacaan Injil,  menjelaskan tentang maksud Tuhan ini, melalui perumpaman tentang talenta. Yesus menjelaskan betapa besar kepercayaan Bapa pada kita, sehingga Ia memberi kita hidup, talenta, bakat dan segala kemampuan. Untuk apa semua itu Tuhan berikan? Agar kita boleh menghasilkan buah yang berkelimpahan. Agar dapat mewujudkan kerinduan tersebut maka dibutuhkan beberapa sikap kristiani sebagai murid dan hamba Tuhan, yaitu pertama, kepercayaan! Dalam Bacaan Pertama kita mendengarkan cerita istri yg cakap, yang dipercaya oleh suaminya karena selalu melakukan apa yang berkenan padanya! Ia bekerja keras dan takut akan Tuhan, memberi bantuan pada yg miskin!

Kedua, waspada dan siap sedia! Kita hanya bisa melakukan perkerjaan Tuhan dengan baik dan berbuah kalau dilandasi sikap waspada dan siap sedia!. Bacaan Kedua menuliskan janganlah kita tidur seperti orang - orang lain, tetapi berjaga-jagalah dan sadarlah! Ketiga, setia dlm perkara yang kecil! Orang sering meremehkan  yang kecil, tapi dari yang kecil itulah lahir hal – hal yang besar!  Karena itu Yesus meminta kita untuk setia dan perkara kecil juga!.  Kita harus setia dan bertanggung jawab pada apa yang Tuhan anugerahkan pada kita! Semoga hari minggu ini menjadi saat penuh berkat untuk seluruh hidup dan karya kita semua.

 

Tuhan memberkati kita semua

(Pastor Hironimus Ronny Dahua MSC)

Last Updated on Sunday, 19 November 2017 09:00
 


Powered by Joomla!. Designed by: moodle hosting semi dedicated server hosting Valid XHTML and CSS.